Text
Pengembangan E-Book Dengan Pendekatan Problem Based Learning Untuk Materi Operasi Bilangan Bulat Siswa Kelas Vi
Bahan ajar yang beredar di lapangan hanya memuat materi dan soal-soal. Hal tersebut
membuat siswa kurang berminat untuk membacanya. Buku ajar yang hanya berisi materi dan
soal-soal saja akan membuat siswa lebih sulit dalam memahami materi karena tidak ada
gambaran nyata. Untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan bahan ajar
e-book dengan pendekatan problem based learning. Problem Based Learning merupakan
pendekatan pembelajaran dengan menggunakan permasalahan, pembelajaran di pusatkan
pada penyelesaian masalah, sehingga mendorong siswa untuk belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan E-book dengan Pendekatan
Problem Based Learning.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis,
Design, development, Implementation, and Evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan
yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data kelayakan menggunakan
instrument angket untuk ahli media, ahli materi, dan ahli bahasa. Pengumpulan data
kepraktisan menggunakan instrumen berupa angket, yaitu angket respon siswa dan angket
respon guru. Pengumpulan data keefektifan menggunakan tes hasil belajar siswa.
Hasil analisis penelitian ini memperoleh aspek kelayakan dari ahli media 92,75%
dengan kategori “sangat layak”, ahli materi 90% “sangat layak”, dan ahli bahasa 86%
kategori “sangat layak”. Serta memperoleh rata-rata presentase kepraktisan respon guru
90,83% kategori “sangat praktis” dan kepraktisan respon siswa 90,21% “sangat praktis”. Dan
hasil uji keefektifan 86,36% dengan kategori “sangat efektif”. Berdasarkan hasil tersebut ebook dengan pendekatan Problem Based Learning untuk materi operasi bilangan bulat kelas
VI dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria kelayakan,
kepraktisan dan keefektifan. Berdasarkan hasil penelitian dapat memberikan manfaat bagi
guru sebagai masukan positif untuk lebih mengoptimalkan kualitas pembelajaran matematika
dan bagi peneliti lain dapat di jadikan sebagai bahan acuan atau referensi untuk penelitian
selanjutnya
| SB00206S | KKI 372 RAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain