Text
Keefektifan Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitif Restructuring Untuk Meningkatkan Kemampuan Penyesuaian Diri Siswa Di Smp
Penyesuaian diri adalah upaya pribadi untuk mencapai keseimbangan diri
sesuai dengan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Kemampuan
penyesuaian diri lebih bersifat seperti proses seumur hidup. Manusia senantiasa
berusaha mencari dan mengatasi masalah dan tantanagan dalam hidup dengan
mencapai pribadi yang sehat. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
kemampuan penyesuaian diri siswa SMP.
Peneliti menggunakan rancangan pre-eksperimental design. Desain yang
digunakan dalam penelitian ini adalah one-group pre-test post-test. Subjek
penelitian merupakan siswa SMP Negeri 2 Wagir yang memiliki tingkat
penyesuaian diri rendah berjumlah 8 siswa yang telah dipilih dari hasil purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala penyesuaian diri. Teknik
analisis data menggunakan uji T berpasangan dengan bantuan SPSS windows 22.
Hasil penelitian menunjukkan dari data awal diperoleh 8 siswa mengalami
penyeseuaian diri kategori rendah dan setelah diberikan teknik cognitif
restructuring mengalami penigkatan yaitu 7 siswa berada pada kategori tinggi dan
1 siswa berada pada kategori sedang. Berdasarkan tabel output “Paired Sampel
Test” diketahui nilai sig.(2-tailed) adalah sebesar 0,00
| SB00204S | KKI 371.4 NUR k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain