Electronic Resource
Pengembangan Lembaran Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 3 Kelas IV
Dalam dunia pendidikan saat ini, proses pembelajaran sangatlah penting. Tempat terbaik untuk belajar berdampak pada keberhasilan akademis. Kemampuan untuk mengukur keberhasilan pembelajaran dapat dilihat pada perolehan keterampilan yang terbentuk pada awal proses pembelajaran. Penelitian ini untuk mengembangkan LKPD berbasis Discovery Learning Pembelajaran IPS Tema 7 Subtema 3. Pengembangan LKPD dilatarbelakagi oleh kebutuhan pembelajaran.Sehingga penelitian ini bertujuan untuk. (1) Untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku dikelas 4 SD. (2) Untuk mengetahui kepraktisan LKPD berbasis Discovery Learning pada materi Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku dikelas 4 SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembagan (research and development) yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) subyek penelitian pada siswa Kelas IV SD pada pembelajaran IPS materi Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Uji coba produk dilakukan dengan mengumpulkan data yang digunakan sebagai dasar yang menetapkan tingkat kepraktisan, dan kelayakan pada produk yang dihasilkan. Analisis data menggunakan angket. Teknik penggumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian dari kelayakan pengembagan LKPD berbasis PBL pada Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Kelas IV SD, adalah Valid dengan Revisi. Sehingga dapat dibuktikan dari hasil rekapitulasi validasi yakni validasi Ahli Materi dengan skor 89,28 % dengan tingkat ketercapaian valid. Berikutnya Validasi Desain dengan skor 81,81% dengan tingkat ketercapaian valid. Terakhir Validasi Bahasa dengan skor 89,28% dengan tingkat ketercapaian valid. Sehingga dapat diketahui bahwa pada ketiga validasi mendapatkan tingkat ketercapaian valid. Pada validasi tersebut adapun skor yang “tertinggi didapatkan validasi materi dan bahasa dengan skor yang sama. Hasil dari kepraktisan pengembagan LKPD berbasis Discovery Learning.Pada pembelajaran Ips Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku Subtema 3 Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku Kelas IV SD, yang dilakukan kepada guru menunjukan bahwa hasil respon guru menyatakan bahwa LKPD yang disebarkan telah sangat baik dengan skor 100%. Dengan
demikian LKPD berbasis Discovery Learning valid digunakan sebagai bahan pendukung pembelajaran dalam pembelajaran IPS tema 7 subtema 3 di kelas IV.
| SB00083S | KKI 372 DJE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain