Electronic Resource
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dalam Mengerjakan Soal Fisika Pada Materi Listrik Statis Di SMP PGRI 01 Wagir
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengerjakan soal fisika berdasarkan teori pemecahan masalah polya. Penelitian ini menggunkaan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IXC SMP PGRI 01 Wagir yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan soal tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi meliputi triangulasi data, triangulasi metode dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukkan presentase rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa dalam mengerjakan soal fisika pada materi listrik statis menurut tahapan pemecahan masalah polya, yaitu: (1) Pada tahap memahami masalah sebesar 98,57%, (2) Perencanaan penyelesaian masalah sebesar 82,85%, (3) Melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah sebesar 65,71%, (4) Meninjau kembali sebesar 30%. Sehingga disimpulkan bahwa pada indikator memahami masalah dan perencanaan penyelesaian masalah masuk pada kategori sangat baik, indikator melaksanakan perencanaan penyelesaian masalah masuk pada kategori baik serta meninjau kembali masuk dalam kategori kurang.
SB00027S | KKi 530 DWI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain