Electronic Resource
Pengaruh Minat dan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining (SFE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik SMP Islam Ma’arif 02 Malang
Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) merupakan suatu model pembelajaran dimana peserta didik menyampaikan ide atau gagasan ke peserta didik lainnya. Minat adalah suatu rasa suka dan ketertarikan pada suatu hal atau aktivitas, minat belajar matematika peserta didik besar pengaruhnya terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Islam Ma’arif 02 Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah Peserta didik kelas VII dan sampel penelitian ini yaitu kelas VII E yang terdiri dari 30 peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji autokorelasi, dan uji hipotesis berupa uji F, uji T, determinasi (R²).
Hasil penelitian menujukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh nilai koefisien determinasi r² Y(X₁,₂) sebesar 0,586. Nilai tersebut menunjukkan bahwa proporsi pengaruh seluruh variabel bebas yaitu minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap variabel terikat yaitu kemampuan komunikasi matematis peserta didik sebesar 58,6%. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh minat dan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik SMP Islam Ma’arif 02 Malang. Saran bagi peneliti adalah sebaiknya melakukan penelitian lanjutan atau bahkan lebih mengembangkan model-model pembelajaran matematika.
21345896/SB/2024 | KKI 510 AUN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain