Belajar mandiri memiliki manfaat yang banyak terhadap kemampuan kognisi, afeksi, dan psikomotorik peserta didik. Manfaat tersebut salah satunya adalah berpikir kritis. Kebiasaan berpikir kritis har…
Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMKN 2 Malang, 90% peserta didik membawa smartphone, bahkan adakalanya guru mengizinkan peserta didik untuk menggunakan smartphone dalam pembelajaran, salah …
Pada pembelajaran matematika, siswa seringkali mengalami kesulitan dalam memahami materi sehingga menyebabkan adanya kesalahan dalam menyelesaikan soal. Hal tersebut dapat mempengaruhi hasil belaja…
Kemampuan komunikasi matematis dapat dikembangakan melalui model pembelajaran yang tepat. Salah satunya menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Model Pembelajaran S…
Pembelajaran matematika menuntut adanya komunikasi matematis, diantaranya materi barisan dan deret. Barisan dan deret merupakan materi yang dipelajari pada kelas X semester ganjil, pada materi ini …
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika materi barisan dan deret aritmatika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada si…
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap kemampuan kogni…
Kemampuan komunikasi matematis adalah kemampuan untuk menyatakan gagasan maupun ide matematika baik dalam bentuk lisan, tulisan, diagaram, gambar, menyatakan dalam bentuk aljabar, dan menggunakan s…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model penemuan terbimbing terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Wagir. Berdasarkan tujuan penelitian maka penelitian ini mengg…
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan penggunaan media dalam pembelajaran tematik kurang optimal dan guru hanya berpedoman pada perangkat yang dibuat oleh pemerintah atau lembaga lain. …