Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing  Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Tingkat Berfikir Kritis Siswa Kelas X TKJ SMK Budi Mulia Pakisaji

Electronic Resource

Pengaruh Metode Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dan Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau Dari Tingkat Berfikir Kritis Siswa Kelas X TKJ SMK Budi Mulia Pakisaji

Yuni Andriani - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan problem based learing dipilih karena merupakan salah satu strategi pembelajaran kooperatif yang efektif untuk pembelajaran fisika. Pembelajaran yang diawali dengan memberikan permasalahan diupayakan dapat memberdayakan kemampuan siswa secara optimal guna mendorong siswa untuk berpikir logis, induktif, dan deduktif dalam menghubungkan konsep-konsep fisika sehingga mereka mampu menghasilkan gagasan-gagasan baru dan mengkonstruksi pengetahuan dengan tuntunan guru.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan prestasi belajar fisika siswa antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi problem based learing; (2) perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai tingkat berfikir kritis antara yang belajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran problem based learing; (3) interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi pembelajaran problem based learing ditinjau dari tingkat berfikir kritis siswa terhadap prestasi belajar fisika.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKJ 1 dan X TKJ 3 SMK Budi Mulia Pakisaji tahun pelajaran 2014-2015, jumlah sampel sebanyak 50 siswa. Nilai berfikir kritis di peroleh dari nilai metode tes yang diberikan kepada siswa, sedangkan nilai prestasi belajar fisika diperoleh dari tes prestasi belajar fisika setelah diberi perlakuan. Data yang diperoleh dari tes prestasi belajar fisika di analisis dengan uji ANOVA pada taraf signifikansi 5%dengan bantuan program SPSS 16.0 for Windows.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa antara metode pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan strategi Problem Based Learning (F = 7,840; 0,007< 0,05); (2) Ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai tingkat berfikir kritis tinggi dan antara yang belajar menggunakan strategi Inkuiri Terbimbing dengan strategi Problem based learning (F = 6,220; 0,016< 0,05); (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan strategi Problem Based Learning dengan tingkat berfikir kritis siswa terhadap prestasi belajar fisika (F = 0,007; 0,932> 0,05).


Ketersediaan
0001/SBKKI 530 YUN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 YUN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
176 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar Fisika
Problem Based Learning
Berfikir Kritis
Skripsi
Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing
Pendidikan Fisika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik