Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi  Diri  Anak Kelompok B Di Tk Santa Maria 3

Electronic Resource

Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Anak Kelompok B Di Tk Santa Maria 3

Maria Sabarina Rato Lada - Nama Orang; Rina Wijayanti , S.Psi - Nama Orang; Henni Anggraini , M. Psi - Nama Orang;

Gadget merupakan salah satu teknologi yang sangat berperan pada era globalisasi saat ini. Penggunaan gadget pada anak usia dini hanya digunakan untuk bermain game dan menonton youtube. Kemampuan anak dalam mengelola emosi dan berinteraksi dengan orang lain sangat dibutuhkan ketika anak akan memasuki di lingkungan sekitarnya . Tanpa kemampuan emosi dan melakukan interaksi yang baik, anak akan merasa kesulitan untuk beradaptasi dengan lingkunganya.
Berdasarkan hasil observasi peserta didik kelompok B di TK Santa Maria 3 malang dengan adanya situasi sekarang pandemi covid – 19 anak –anak lebih banyak menghabiskan bersama orang tua . Di rumah anak sering diberi gadget sehingga akan berpengaruh kesemuanya seperti anak kurang berinteraksi dengan dan bergaul bersama teman - temanya karena anak lebih fokus dengan bermain gadget menonton youtube sampai lupa waktu.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap kemampuan mengelola emosi diri anak kelompok B TK Katolik Santa Maria 3 Malang .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif .Subyek dalam penelitian ini yaitu 32 orang tua wali yang terdiri dari 20 laki - laki dan 12 perempuan .
Teknik analisis data yang utama digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif presentase. Uji validitas dan reliabilitas instrumen yang digunakan untuk mengetahui kualitas pertanyaan yang dibagikan kepada orang tua wali murid anak kelompok B TK Katolik Santa Maria 3 Malang sebagai alat untuk mengukur penelitian dalam skripsi ini. Angket yang digunakan berupa pertanyaan dengan pilihan 4 skor alternatif jawaban sebagai berikut Selalu (SL) , Sering ( SR) , Jarang ( JR) , Tidak Pernah ( TP ) .
Saran dalam penelitian ini kepada orang tua agar memberikan batasan waktu anak menggunakan gadget . Orang tua juga harus lebih waspada terhadap anak yang sering bermain gadget karena akan mengurangi interaksi anak dengan lingkungan sekitar. Dan bagi para guru diharapkan lebih bijak dan kritis terhadap siswa yang menggunakan gadget karena bagaimanapun juga , gutu adalah orang tua kedua bagi anak jika disekolahkan .


Ketersediaan
21345734/SB/2024KKI 372 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MAR p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 96hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pengaruh penggunaan gadget
kemampuan mengelola emosi diri anak
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Mengelola Emosi Diri Anak Kelompok B Di Tk Santa Maria 3
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik