Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP

Angelina Kurniati Abut - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Muhammad Nur Huda, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa dan interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar siswa yang diajar dengan model discovery learning berbantuan multi representasi dan discovery learning. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan postest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa pada kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 17 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan tes prestasi belajar siswa dan dianalisis menggunakan uji analisis ANOVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan multi representasi dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 5406.300 ≥ 4,15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan multi representasi dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 5.445 ≥ 4.15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,023 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model discovery learning berbantuan multi representasi dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 4.600 ≤ 4.15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0.036 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model discovery berbantuan multi representasi berpengaruh secara positif terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa


Ketersediaan
2129251A/SB/2018KKI 530 ANG p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ANG p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
118 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Discovery Learning
Keterampilan Proses Sains
Prestasi Belajar.
Skripsi
Multiresperentas
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik