Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Multi Representasi Terhadap Keterampilan Proses Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses sains dan prestasi belajar siswa dan interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar siswa yang diajar dengan model discovery learning berbantuan multi representasi dan discovery learning. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan postest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari 29 siswa pada kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan 29 siswa kelas VIII C sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 17 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi keterampilan proses sains dan tes prestasi belajar siswa dan dianalisis menggunakan uji analisis ANOVA dua jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan keterampilan proses sains antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan multi representasi dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 5406.300 ≥ 4,15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning berbantuan multi representasi dan siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan nilai Fhitung sebesar 5.445 ≥ 4.15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,023 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh interaksi antara model discovery learning berbantuan multi representasi dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar 4.600 ≤ 4.15 (Ftabel) pada taraf signifikan 0.036 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model discovery berbantuan multi representasi berpengaruh secara positif terhadap keterampilan proses sains dan prestasi belajar fisika siswa
2129251A/SB/2018 | KKI 530 ANG p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain