Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMPN 17 Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model model pembelajaran creative problem solving melalui saintific approach dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. (2) Untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving dan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. (3) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran creative problem solving dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII SMPN 17 Malang tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode yang digunakan adalah quasi exsperiment (eksperimen semu) yang desain penelitiannya adalah non- equivelen pretest – postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 17 Malang. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling clase (sampel acak kelas). Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran creative problem solving melalui saintific approach yaitu kelas VIII E, dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvesional yaitu kelas F yang subjek penelitian diambil dari kelompok yang telah dibentuk secara alamiah. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova dua jalur dan taraf signifikansi 5% menggunakan MS. Excel 2016.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan Model pembelajaran creative problem solving Saintific Approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,005. (2) Ada perbedaan pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran creative problem solving melalui saintific approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Tidak ada interaksi model pembelajaran creative problem solving Melalui saintific approach dan kemampuan berpikir kreatif terhadap pemahaman konsep siswa. Hasil uji anova menunjukan nilai signifikan adalah 0,167 > 0,005.
2130989A/SB/2019 | KKI 530 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain