Electronic Resource
Pengembangan Modul Getaran Dan Gelombang Dengan Model Problem Solving Berbasis Augmented Reality Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs
Modul merupakan bahan ajar mendiri peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development (R&D) dalam pengembangan ini peneliti menggunakan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE dapat digunakan untuk mengembangkan berbagai produk seperti mengembangkan model, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, media dan bahan ajar. Adapun tahapan dalam model pengembangan ADDIE adalah (1) analisis, (2) design, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation. Penelitian ini dilakukan dikelas VIII SMP. Tahap uji kelayakan modul dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru IPA. Selain itu dilakukan juga uji kelayakan modul kepada siswa untuk mendapatkan respon siswa terhadap modul. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: modul getaran dan gelombang dengan model problem solving berbasis augmented reality. hasil uji kelayakan modul dari ahli materi memperoleh penilaian sebesar 3,69 dengan kriteria sangat baik. Hasil uji kelayakan dari ahli media memperoleh penilaian sebesar 3,5 denga kriteria sangat baik, sedangkan hasil uji kelayakan modul dari guru IPA SMP memperoleh penilaian sebesar 3,8 dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan respon siswa terhadap modul getaran dan gelombang dengan model problem solving berbasis augmented reality diperoleh kelayakan aspek penyajian modul sebesar 7,2 denga kategori sangat layak, kelayakan aspek bahasa modul sebesar 3,6 dengan kategori kurang layak dan aspek isi modul diperoleh sebesar 7,1 denga ketgori sangat layak.
21345620/SB/2023 | KKI 530 NAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain