Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran IPA kelas VIII-D SMP Nasional Malang masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak d…
Berdasarkan hasil observasi, pembelajaran Fisika kelas VIII.A SMPK MBC OHE masih bersifat teacher centered. Walaupun sudah menggunakan metode demonstrasi, LKS yang dikerjakan oleh siswa tidak dibah…
Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu komponen utama dalam mepelajari fisika. Namun dalam kenyataannya banyak siswa yang belum atau bahkan tidak mampu memecahkan masalah karena berbagai …
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model problem solving laboratory terhadap dan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep fisika pada siswa kelas VII A dan VII D SMP Neger…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Solving berbasis demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adal…
Pembelajaran Creative Problem Solving menekankan kemampuan pemecahan masalah dengan penguatan kreativitas, dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk kreatif memecahkan masalah. Tujuan penelitian …
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model model pembelajaran creative problem solving melalui saintific approach dan siswa…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Problem Solving Based Experiment Terhadap Berpikir Kritis Dan Kerja Ilmiah Siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment. Pop…
Pembelajaran yang selama ini diterapkan guru di kelas kebanyakan masih menggunakan model pembelajaran yang konvensional, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru sedangkan siswa hanya menghafal f…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan Media Kahoot Terhadap Pemahaman Konsep ditinjau dari Kemampuan Pemecahkan Masalah Pes…