Electronic Resource
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Berdasarkan Langkah-Langkah Polya Pada Materi Pemuaian Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Wagir
Pemecahan masalah merupakan bagian penting dalam suatu proses pembelajaran
matematis, salah satunya yaitu dalam pembelajaran fisika. Pemecahan masalah sangat
erat kaitanya dengan konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika pada materi
pemuaian zat berdasarkan langkah-langkah polya dengan pendekatan kualitatif. Penelitian
ini dilakukan di SMP Negeri 2 Wagir Malang pada siswa kelas VII. Teknik pengumpulan
data dalam penelitan ini adalah dengan metode tes dan wawancara. Instrument tes terdiri
dari 10 soal dalam bentuk uraian yang merupakan masalah matematis terakait dengan
materi pemuaian zat. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tingkat kemampuan
pemecahan masalah siswa terdapat 2 siswa memenuhi kriteria pemecahan masalah tinggi,
terdapat 13 siswa dengan kriteria sedang dan terdapat 7 siswa dengan kriteria rendah
21344962/SB/2022 | KKI 530 MAR a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain