Electronic Resource
Pengaruh Model Blended Learning Menggunakan Schoology terhadap Prestasi Belajar Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI MIPA MAN Baureno Bojonegoro
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model blended learning
menggunakan schoology dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar pada
siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional, (3) untuk
mengetahui perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model
pembelajaran konvensional, (4) untuk mengetahui interaksi antara model blended learning menggunakan schoology terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI MAN Baureno Bojonegoro tahun
pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XI-MIPA 2 sebagai kelompok kontrol
dengan model pembelajaran konvensional dan kelas XI-MIPA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan model blended learning menggunakan schoology. Data
dikumpulkan dengan tes prestasi belajar fisika dan angket kemandirian belajar. Data yang di peroleh dianalisis dengan Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model blended learning menggunakan schoology dengan
siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan 0,196 ≥ 0,05, (2) ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang
memiliki kemandirian belajar tinggi antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan
0,045 < 0,05, (3) tidak ada perbedaan prestasi belajar pada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah antara yang belajar menggunakan model blended learning dan model pembelajaran konvensional dengan taraf signifikan 0,446 ≥ 0,05, (4) tidak ada interaksi antara model blended learning menggunakan schoology
terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemandirian belajar dengan taraf signifikan 0,914 ≥ 0,05.
21345599/SB/2023 | KKI 530 SIT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain