Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Anak TK B Di Tk Muslimat NU 11 Ngadilangkung

Electronic Resource

Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran Kontekstual Pada Anak TK B Di Tk Muslimat NU 11 Ngadilangkung

Umi Shalihah - Nama Orang; Sarah Emmanuel H, M.Psi. - Nama Orang; Siti Muntomimah, M.Pd. - Nama Orang;

Pada aspek kognitif dalam pengenalan konsep bilangan pada TK B hasil belajarnya dapat dikategorikan kurang sesuai harapan. Kondisi tersebut terjadi
karena 2 hal yaitu pola atau metode belajar dan alat permainan. Karena itu, penggunaan model kontekstual dilakukan sesuai dengan kondisi sekitar anak.
Penelitian difokuskan bagaimana upaya peningkatan kemampuan kognitif melalui pembelajaran kontekstual pada anak TK B di TK Muslimat NU 11
Ngadilangkung. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan upaya peningkatan kemampuan kognitif melalui pembelajaran kontekstual pada anak TK B di TK Muslimat NU 11 Ngadilangkung. Oleh karena iru, tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya peningkatan kemampuan kognitif melalui pembelajaran
kontekstual pada anak TK B.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak TK B Muslimat NU 11 Ngadilangkung sebanyak 20 anak. Data yang digunakan yaitu: (1) hasil penilaian autentik kemampuan kognitif, (2) hasil wawancara dengan subjek penelitian pada setiap akhir kegiatan pembelajaran, (3) hasil catatan lapangan tentang hal-hal yang terjadi dalam pembelajaran yang belum terdapat pada lembar observasi, dan (4) hasil pengamatan aktivitas peneliti dan anak TK B.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan 1 diperoleh 67% dari 100% perolehan skor kemampuan kognitif anak TK B. Pada pertamuan
2 naik menjadi 72%. Pada pertemuan 1 di siklus 2 ini dipeoleh 83%, kemudian dilakukan pertemuan ke 2 diperoleh 88%. Kesimpulan yang diperoleh adalah
meningkatnya kemampuan kognitif TK B dapat diartikan bahwa anak yang tidak mampu menunjukkan kemamapuan mengenai konsep bilangan mengalami penurunan. Hal tersebut berbeda pada anak yang sudah mampu menunjukkan kemampuan tanpa bantuan peneliti yang menunjukkan adanya kenaikan. Artinya anak yang sudah mampu menunjukkan kemampuan kognitifnya lebih banyak dari sebelum dilakukan tindakan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas saran yang peneliti sampaikan yaitu (1) akan TK dapat memahami materi atau konsep bilangan jika diberikan kesempatan melakukan sendiri; (2) kemampuan pengawasan dan perhatian secara menyeluruh kepada anak TK perlu dikembangkan; (3) sebaiknya melakukan diskusi intensif dengan guru TK tentang penggunaan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran kontekstual; dan (4) pengembangan kemampuan penguasaan kelas yang diperlukan untuk menyiasati kondisi kelas yang kurang kondusif.


Ketersediaan
21345388/PB/2023KKI 372 SHA u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SHA u/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xv, 90hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pembelajaran Kontekstual
Skripsi
Kognitif
Konsep Bilangan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik