Electronic Resource
Penerapan Pendekatan Problem Solving Model Polva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SMP Modern Al.-Rifa'te Malang Tahun Pelajaran 2020/2021
Latar belakang penelitian ini adalah peserta didik mengalami kesulitan
dalam memahami soal dan mengerjakannya terutama pada materi sistem
persamaan linier dua variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan
metode pendekatan problem solving dengan model polya untuk meningkatkan
hasil belajar peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model
yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Teggart. Penelitian dilaksanakan di SMP
Modern Al-Rifa‟ie Malang pada peserta didik kelas VIII-D dengan menggunakan
subjek sebanyak 28 peserta didik tahun ajaran 2020/2021. Teknik dan Instrumen
yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, adanya peningkatan hasil belajar
peserta didik aspek kognitif pada setiap siklus. Persentase ketuntasan rata-rata
yang diperoleh pada siklus I yaitu 34% sedangkan persentase ketuntasan rata-rata
pada siklus II yaitu 80%. Jadi persentase peningkatan yang terjadi pada siklus I
dan II yaitu 46%.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan problem
solving model polya dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
21345376/PB/2023 | KKI 510 ANA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain