Electronic Resource
Pengembangan Aplikasi Amit ( Androind Made In Thunkable) Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Matriks
Siswa masih kesulitan membedakan determinan dan invers matriks. Tidak hanya itu, siswa juga mengalami kesulitan dalam perhitungan operasi matriks. Guru hanya menggunakan aplikasi google lassroom dan whatsapp. Solusi untuk membantu siswa agar siswa merasa lebih semangat dan senang untuk belajar dengan menggunakan media pembelajaran matematika berbasis android pada materi matriks.Thunkable adalah sebuah software pembuatan aplikasi tanpa koding. software drag and drop ini memudahkan programmer untuk membuat aplikasi android. Cara mendapatkan aplikasi thunkable dengan mengakses link google.com atau dengan menginstal aplikasi thunkable di playstore.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan aplikasi AMIT (android made in thunkable) sebagai media pembelajaran matematika pada materi matriks berdasarkan asas kevalidan, keefektifan, dan kepraktisan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 2 Malang. Batasan pada penelitian ini adalah siswa kelas XII jurusan Multimedia (MM) dan Teknik Komputer Jaringan (TKJ). Ujicoba yang dilakukan adalah ujicoba lapangan terbatas dan ujicoba lapangan luas. Subjek pada ujicoba lapangan terbatas 10 siswa, sedangkan subjek pada ujicoba lapangan luas berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli pembelajaran, angket respon siswa dan lembar tes.Hasil dari lembar validasi ahli materi ,ahli media dan ahli pembelajaran dilakukan untuk menguji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 91,25% dengan kriteria sangat valid, sedangkan hasil dari ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 81,67% dengan kriteria valid dan hasil validasi ahli pembelajaran memperoleh skor ratarata 81,25% dengan kriteria valid.Hasil dari angket respon siswa dilakukan untuk menguji kepraktisan produk. Berdasarkan hasil dari hasil dari respon siswa pada ujicoba lapangan terbatas diperoleh skor rata-rata sebesar 84,79% dengan kriteria praktis Berdasarkan ujicoba lapangan luas diperoleh skor rata-rata sebesar 80,34%
21345044/SB/2022 | KKI 510 SAW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain