Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseptual Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Knisley Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konseptual Siswa

Ardamevia Rizky Icha Romadhoni - Nama Orang; Vivi Suwanti, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk melihat adakah pengaruh model pembelajaran Knisley untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa pada
materi lingkaran. Model pembelajaran Knisley dirancang untuk meningkatkan semangat siswa berpikir aktif, serta model pembelajaran Knisley didasarkan atas pengetahuan yang terstruktur dengan baik untuk mengaitkan konsep-konsep baru dengan pengetahuan dan pengalaman siswa sebelumnya.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dan desain penelitian menggunakan nonequivalent kontrol group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs An-Nur Bululawang dengan sampel siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa yang sama yaitu 25 siswa.Instrumen penelitian ini menggunkan soal pretest yang diberikan sebelum diberi perlakuan model pembelajaran dan soal posttest diberikan setelah diberi perlakuan model pembelajaran sesuai dengan kelompok kelas yang sudah ditentukan.
Hasil analisis data menggunakan uji-t dengan berbantuan program IBM SPSS Statistic 22 tahun 2013. Pada soal pretest diperoleh thitung < ttabel (1,426 < 2,01063) dan nilai sig. (2-tailed) > 0,05 dimana 0,160 > 0,05, sehingga dari hasil soal pretest tersebut disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi lingkaran di MTs An-Nur Bululawang. Pada soal posttest diperoleh thitung > ttabel (2,105 > 2,01063) dan nilai sig. (2-tailed) < 0,05 dimana 0,041 < 0,05, sehingga dari hasil soal posttest disimpulkan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep antara kelas kontrol dan kelas eksperimen pada materi lingkaran di MTs An-Nur Bululawang. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Knisley dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konseptual siswa, serta efektif jika diterapkan dalam pembelajaran matematika siswa.


Ketersediaan
21344755/SB/2022KKI 510 ROM p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ROM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 142hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Knisley
Kemampuan Pemahaman Konseptual
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik