Electronic Resource
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIIA Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial Menggunakan Pendekatan Blended Learning Di SMP Negeri 6 Lembor
Kemampuan komunikasi matematis merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar untuk mengkomunikasikan gagasan atau penyelesaian masalah matematika baik secara lisan maupun tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIIA dalam menyelesaikan soal Aritmatika Sosial melalui Blended Leraning di SMP Negeri 6 Lembor.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan berdasarkan atas keingintahuan peneliti tentang kemampuan komunikasi matematis 23 siswa kelas VIIA terdiri atas 7 laki-laki dan 16 perempuan pada tahun ajaran 2020/2021. Data dikumpulkan dengan memberikan tes kemampuan komunikasi matematis dan dilanjutkan wawancara dalam lingkup pembelajaran Blended Learning. Peneliti memeriksa keabsahan data yang diperoleh dengan triangulasi teknik.
Hasil analisis yang dilakukan kepada 6 subjek, menemukan bahwa sebanyak 6 subjek yang memenuhi indikator menghubungkan benda nyata ke dalam ide matematik, sebanyak 5 subjek memenuhi indikator menyatakan peristiwa sehari–hari dengan simbol dalam menyajikan ide matematika secara tertulis, terdapat 6 subjek yang memenuhi indikator memahami dan mengevaluasi ide-ide matematika dalam menyelesaikan permasalahan secara tertulis, dan 4 subjek yang memenuhi indikator mengkomunikasikan simpulan jawaban permasalahan sesuai dengan hasil pertanyaan.
Simpulan penelitian ini adalah pada tingkat kemampuan matematika tinggi mampu memenuhi 3 hingga 4 indikator kemampuan komunikasi matematis melalui Blended Learning. Pada tingkat kemampuan matematika sedang mampu memenuhi 3 hingga 4 indikator kemampuan komunikasi matematis melalui Blended Learning. Pada tingkat kemampuan matematika rendah mampu memenuhi 2 hingga 3 indikator kemampuan komunikasi matematis melalui Blended Learning. Disarankan peneliti lain dapat melanjutkan penelitian serupa dengan menambah butir soal dan memperpanjang durasi pembelajarannya melalui Blended Learning.
21344748/SB/2022 | KKI 510 JAN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain