Electronic Resource
Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Problem Posing Dan Question Student Have (QSH) Pada Peserta Didik Kelas IX MTS Nurul Mubtadiin
Penggunaan model pembelajaran yang tepat akan memberikan pengaruh yang baik terhadap hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran Problem Posing dan Question Student Have (QSH) adalah model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik. Model ini menekankan pada pengajuan dan penyelesaian masalah. Peserta didik dapat mengajukan permasalahan yang dimiliki sehingga guru dapat mudah mengetahui kesulitan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar menggunakan model pembelajaran Problem Posing dan Question Student Have (QSH) pada peserta didik kelas IX di MTs Nurul Mubtadiin. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen semu (quasi experiment). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX MTs Nurul Mubtadiin tahun ajaran 2020/2021. Sampel penelitian dipilih secara purposive sampling dan terpilih kelas IX-1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas IX-2 peserta didik sebagai kelas eksperimen 2. Peneliti menggunakan tes untuk memperoleh data. Sebelum digunakan, tes dilakukan uji coba instrument yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T-Test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar menggunakan model Problem Posing dan Question Student Have (QSH) peserta didik kelas IX di MTs Nurul Mubtadiin. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis (Independent Sample T-Test) yang memperoleh nilai signifikansi 0,015 dimana < 0,05. Perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen 1 yaitu 79,14 sedangkan kelas eksperimen 2 yaitu 61,85. Hal ini menunjukkan bahwa model Problem Posing
lebih unggul dari model Question Student Have (QSH)
21344747/SB/2022 | KKI 510 KAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain