Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Secara Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi
Pembelajaran dimasa pandemik covid-19 dituntut untuk menentukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang cocok dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran problem based learning. Berbagai kendala yang dihadapi saat melakukan pembelajaran daring seperti jaringan yang tidak memadai, waktu mengajar juga semakin berkurang sehingga mengakibatkan turunnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring, (2) Menganalisis perbedaan prestasi siswa antara pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) dan pembelajaran konvensional secara daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Petra Malang semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa, yang terdiri dari X MIPA 1 dengan 20 siswa untuk kelas eksperimen dan X MIPA 2 dengan 20 siswa untuk kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) sedangkan untuk kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan tes prestasi belajar siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Anova Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring diperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat baik. (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan konvensional secara daring. Taraf signifikans yang diperoleh adalah 0,008 < 0,
21344685/SB/2022 | KKI 530 HAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain