Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Secara Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Secara Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi

Kresensial Haryanti - Nama Orang; Dr. Maris Kurniawati, S.Si., M.Kes., M.Si - Nama Orang; Dr. Sholikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Pembelajaran dimasa pandemik covid-19 dituntut untuk menentukan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan situasi dan kondisi yang cocok dengan mata pelajaran yang akan diajarkan. Model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model pembelajaran problem based learning. Berbagai kendala yang dihadapi saat melakukan pembelajaran daring seperti jaringan yang tidak memadai, waktu mengajar juga semakin berkurang sehingga mengakibatkan turunnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring, (2) Menganalisis perbedaan prestasi siswa antara pembelajaran menggunakan model problem based learning (PBL) dan pembelajaran konvensional secara daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan pretest-postest control group design yang terdiri dari satu variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebas adalah model pembelajaran problem based learning (PBL) dan variabel terikat yaitu prestasi belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Kristen Petra Malang semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Sampel penelitian ini adalah 40 siswa, yang terdiri dari X MIPA 1 dengan 20 siswa untuk kelas eksperimen dan X MIPA 2 dengan 20 siswa untuk kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) sedangkan untuk kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan dengan tes prestasi belajar siswa dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji Anova Univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas keterlaksanaan pembelajaran PBL secara daring diperoleh persentase 90% dengan kriteria sangat baik. (2) Ada perbedaan prestasi belajar siswa antara penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan konvensional secara daring. Taraf signifikans yang diperoleh adalah 0,008 < 0,


Ketersediaan
21344685/SB/2022KKI 530 HAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 HAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xii, 125hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar Siswa
Problem Based Learning
Skripsi
Daring
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik