Electronic Resource
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Kelas X MIA Pada Materi Usaha Dan Energi Di SMA Negeri 1 Mamboro Tahun Ajaran 2021/2022
Pembelajaran Fisika sebagai ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan peristiwa dan kejadian alam, sehingga dalam proses pembelajaran tidak terlepas dari masalah salah satunya dalam proses pembelajaran dengan memanfaat LKPD berbasis pictorial riddle sebagai bahan ajar yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisia (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (development),dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitianini dilaksanakan di SMA Negeri I Mamboro. Sukjek penelitian peserta didik kelas X MIA SMA Negeri I Mamboro yang berjumlah 25 orang. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon peserta didi, dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penelitian menunjukan bahwa lembar kerja peserta didik memenuhi kriteri kevalidan. Dari hasil validasi LKPD berbasis pictorial riddle memperoleh skor rata-rata 0,82 dengan kriteri sangat valid. Seseuai dengan kriteria kevalidan indeks aiken dengan kriteria sangat valid (0,8). LKPD berbasis pictorial riddle pada materi usaha dan energi memenuhi kriteria kerpraktisan. Dari hasil analisis angket respon peserta didik diperoleh persentase kepraktisan 96% siswa yang memberikan respon sangat positif. LKPD berbasis pictorial riddle pada materi usaha dan energi memenuhi kriteria keefektifan, dari hasil analisis hasil belajar peserta didik 24 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas KKM (tuntas) denganpersentase ketuntasan 96,15% dan satu orang peserta didik mendapatkan nilai di bawah KKM (tidak tuntas) dengan persentase 3, 85%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan lembar kerja peserta didik berbasis pictorial riddle (LKPD) layak di gunakan dalam proses pembelajaran karena memenuhi kriteri kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
21344587/SB/2022 | KKI 530 SAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain