Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis E-Learning Mengunakan Zoom Meeting Terhadap Berfikir Kritis Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa
Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang berorientasi pada siswa. Saat ini dimana teknologi informasi berkembang pesat, TI dapat berperan sentral di dalam proses pembelajaran. TI menyediakan lingkungan virtual yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi keterbatasan sarana fisik sekaligus membantu menumbuhkan sikap yang diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan pembelajaran Electronic learning menggunakan aplikasi Zoom Meeting. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Posttest only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMA Kristen Petra Malang pada semester Genap tahun ajaran 2020/2021. Populasi Penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA. Jumlah
sampel yang digunakan terdiri dari 40 siswa yang terbagi dalam satu kelompok kelas eksperimen dan satu kelompok kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan tes berpikir kritis dan angket (Kuisioner) motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis varian anova dua jalur.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa; (1) Ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Dengan taraf signifikan 0,033
21344578/SB/2022 | KKI 530 SAM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain