Electronic Resource
Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar
Lembar Kerja Peserta Didik adalah salah satu alat yang dipakai oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Namun terkadang terdapat LKPD yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan respon siswa terhadap Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang memakai pendekatan 3D yakni Define, Design, dan Development yang dilaksanakan dengan Validasi Ahli dan Respon Guru dan Siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi dan lembar uji coba produk. Validasi terdiri dari Ahli Disain, Materi dan Bahasa. Uji coba dilaksanakan kepada Guru Kelas dan 20 siswa kelas IV di SD Masehi Waikabubak Sumba Barat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Hasil dari kelayakan Pengembangan menunjukan hasil Valid dengan Revisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi validasi yakni Validasi Materi dengan skor 84,09% dan tingkat ketercapaian Valid. selanjutnya Validasi Disain dengan skor 84,61% dan tingkat ketercapaian Valid. terakhir Validasi Bahasa dengan skor 87,5% dan tingkat ketercapaian Valid. (2) Hasil dari Kepraktisandilakukan kepada guru menunjukan hasil bahwa respon guru menyatakan LKPD yang disebarkan telah sangat baik dan valid dengan skor 100%. (3) Hasil dari respon siswamenunjukan bahwaLKPD sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan skor akhir respon adalah 91,5% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan, sehingga disarankan kepada guru dapat menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang telah dikembangkan sebagai referensi dalam memberikan pembelajaran di kelas.
21344442/SB/2022 | KKI 372 SEI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain