Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman Di Negeriku Kelas IV Sekolah Dasar

Ardianto Loba Seingo - Nama Orang; Dr. Triwahyudianto, S.Pd., M.,Si - Nama Orang; Prihatin Sulistyowati., S.S.,M.Pd - Nama Orang;

Lembar Kerja Peserta Didik adalah salah satu alat yang dipakai oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga menjadi lebih efektif dan efisien. Namun terkadang terdapat LKPD yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan respon siswa terhadap Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang memakai pendekatan 3D yakni Define, Design, dan Development yang dilaksanakan dengan Validasi Ahli dan Respon Guru dan Siswa. Penelitian ini menggunakan instrumen lembar validasi dan lembar uji coba produk. Validasi terdiri dari Ahli Disain, Materi dan Bahasa. Uji coba dilaksanakan kepada Guru Kelas dan 20 siswa kelas IV di SD Masehi Waikabubak Sumba Barat. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa (1) Hasil dari kelayakan Pengembangan menunjukan hasil Valid dengan Revisi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekapitulasi validasi yakni Validasi Materi dengan skor 84,09% dan tingkat ketercapaian Valid. selanjutnya Validasi Disain dengan skor 84,61% dan tingkat ketercapaian Valid. terakhir Validasi Bahasa dengan skor 87,5% dan tingkat ketercapaian Valid. (2) Hasil dari Kepraktisandilakukan kepada guru menunjukan hasil bahwa respon guru menyatakan LKPD yang disebarkan telah sangat baik dan valid dengan skor 100%. (3) Hasil dari respon siswamenunjukan bahwaLKPD sudah sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan skor akhir respon adalah 91,5% dengan kategori sangat baik. Dari hasil yang didapatkan, sehingga disarankan kepada guru dapat menggunakan LKPD Berbasis Problem Based Learning (PBL) yang telah dikembangkan sebagai referensi dalam memberikan pembelajaran di kelas.


Ketersediaan
21344442/SB/2022KKI 372 SEI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SEI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 116hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pengembangan
Skripsi
LKPD
Berbasisi Masalah
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik