Electronic Resource
Pengembangan Bahan Ajar Low Carbon-Hemat Energi ( Energi Terbarukan) Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa
Penelitian ini di maksudkan untuk mengembangkan Bahan Ajar Low Carbon-Hemat Energi (Energi Terbarukan) Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Latar belakang dari penelitian karena kurangnya pemahaman mengenai pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan serta bahan ajar di gunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh pemerintah. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis Low Carbon-Hemat Energi (Energi Terbarukan) PBL untuk meningkatkan literasi lingkungan.
Model penelitian yang di gunakan adalah model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan bahan ajar modul melalui tahap-tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, angket respon siswa dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk yang di kembangkan berdasarkan 3 aspek yaitu media, materi dan bahasa diperoleh ratarata penilaian 89.74% kategori sangat layak, (2) kepraktisan produk yang di kembangkan berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata 90.38% kategori
sangat praktis dan (3) keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil posttest diperoleh rata-rata 90% sangat baik Dengan demikian modul berbasis PBL yang dikembangkan layak dijadikan bahan ajar untuk meningkatkan literasi lingkungan di Sekolah Dasar.
21344424/SB/2022 | KKI 372 INA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain