Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Bahan Ajar Low Carbon-Hemat Energi ( Energi Terbarukan) Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa

Electronic Resource

Pengembangan Bahan Ajar Low Carbon-Hemat Energi ( Energi Terbarukan) Berbasis Pbl Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa

Hendrika Octafiana Safitri Inang - Nama Orang; Muhammad Nur Huda, M.Pd - Nama Orang; Farida Nur Kumala, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini di maksudkan untuk mengembangkan Bahan Ajar Low Carbon-Hemat Energi (Energi Terbarukan) Berbasis PBL Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa. Latar belakang dari penelitian karena kurangnya pemahaman mengenai pentingnya kesadaran untuk menjaga lingkungan serta bahan ajar di gunakan dalam proses pembelajaran yaitu buku guru dan buku siswa yang disediakan oleh pemerintah. Adapun penelitian bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan dan keefektifan bahan ajar berbasis Low Carbon-Hemat Energi (Energi Terbarukan) PBL untuk meningkatkan literasi lingkungan.
Model penelitian yang di gunakan adalah model ADDIE. Adapun prosedur pengembangan bahan ajar modul melalui tahap-tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, lembar validasi, angket respon siswa dan posttest. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kelayakan produk yang di kembangkan berdasarkan 3 aspek yaitu media, materi dan bahasa diperoleh ratarata penilaian 89.74% kategori sangat layak, (2) kepraktisan produk yang di kembangkan berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata 90.38% kategori
sangat praktis dan (3) keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan hasil posttest diperoleh rata-rata 90% sangat baik Dengan demikian modul berbasis PBL yang dikembangkan layak dijadikan bahan ajar untuk meningkatkan literasi lingkungan di Sekolah Dasar.


Ketersediaan
21344424/SB/2022KKI 372 INA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 INA p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
x, 214hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Problem Based Learning (PBL)
Literasi Lingkungan
Skripsi
Pengembangan bahan ajar
Low carbon-hemat energi (energi terbarukan)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik