Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi Ips Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD
Ilmu pengetahuan sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang cenderung bersifat hafalan. Sehingga memunculkan kesulitan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Pada saat ini dengan mewabahnya virus Covid-19 di seluruh negara membuat semua aktivitas dilakukan dari rumah. Akibatnya berdampak pada aktifitas pembelajaran yang dilakukan di sekolah. Sehingga pada pembelajaran IPS diperlukan adanya E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi IPS Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD. Dalam penelitian ini digunakan untuk mengetahui kevalidan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi IPS Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter toleransi. Agar karakter toleransi dapat tertanam dalam diri siswa maka melalui mata pelajaran IPS siswa dapat mempelajari mengenai kajian keberagaman budaya, agama, rumah adat dan kehidupan masyarakat yang dapat digunakan sebagai implementasi karakter toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluasi). Jenis data yang digunakan dalam pengembangan e-modul berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil skor angket yang diberikan kepada subyek peneliti. Sedangkan data kualitatif yaitu data yang berupa deksripsi prosedur pengembangan e-modul, baik saran dan masukan dari para ahli yaitu ahli media, ahli materi dan ahli bahasa.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini memperoleh aspek kelayakan e-modul dengan rata-rata presentase dari ahli media 88,82% sangat layak, ahli materi 75,73% kriteria layak, dan ahli bahasa 95,83% kriteria sangat layak, serta memperoleh rata rata presentase dari kepraktisan respon guru 90,26% kriteria sangat praktis, dan kepraktisan dari respon siswa adalah 94,9% kriteria sangat efektif dan hasil uji keefektifan 88,6% kriteria efektif. Berdasarkan hasil tersebut, Pengembangan E-Modul Berbasis Pendidikan Karakter Pada Materi IPS Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SD dapat digunakan dalam pembelajaran karena telah memenuhi kriteria sangat layak dan praktis. Penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi guru, siswa dan bagi peneliti lain yang dapat digunakan sebagai referensi selanjutnya.
21344408/SB/2022 | KKI 372 PUT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain