Electronic Resource
Analisis Kesalahan Siswa Pasif Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Pada Pokok Bahasan Lingkaran Di Kelas VIII Di SMP Negeri 10 Malang
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan analisis kesalahan siswa pasif dalam menyelesaikan soal matematika berbentuk cerita pada pokok bahasan lingkaran di kelas VIII-D Smp Negeri 10 Malang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini sebanyak 9 subjek penelitian dari siswa kelas VIII-D yang dianalisis. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes tertulis dan angket untuk melengkapi hasil kesalahan siswa. Analisis data dilakukan berdasarkan tahapan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini pada tahapan menbaca tidak ada siswa yang melakukan kesalahan. Pada tahapan memahami yang melakukan kesalahan pada soal nomor 1 yaitu dari S4, sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 2 yaitu dari S4, sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 3 yaitu dari S1, S4, sampai S9, dan yang melakukan kesalahan pada soal nomor 4 yaitu dari S1, S2, S4, sampai S9. Pada tahapan transformasi yang melakukan kesalahan pada soal nomor 1 yaitu dari S4, sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 2 yaitu dari S4, sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 3 yaitu, S1, S4, sampai S9, dan yang melakukan kesalahan pada soal nomor 4 yaitu dari S1, S2, S4, samapi S9, Pada tahapan keterampilan proses siswa yang melakukan kesalahan pada soal nomor 1 adalah S5,S8 dan S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 2 yaitu, S5, S8 dan S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 3 yaitu dari S4, sampai S9, dan yang melakukan kesalahan pada soal nomor 4 yaitu dari S4, sampai S9, Pada tahap penulisan jawaban siswa yang melakukan kesalahan pada soal nomor 1 yaitu dari S1 sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 2 yaitu dari S1sampai S9, yang melakukan kesalahan pada soal nomor 3 yaitu dari S1 sampai S9, dan yang melakukan kesalahan pada soal nomor 4 yaitu dari S1, sampai S9.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa pasif yang melakukan kesalahan pada tahapan membaca tidak ada, pada kesalahan tahapan memahami 8 orang, pada kesalahan tahapan transformasi 8 orang, pada kesalahan tahapan keterampilan proses 6 orang dan pada kesalahan tahapan penulisan jawaban akhir 9 orang.
2132980/SB/2021 | KKI 510 SIN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain