Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Aljabar Di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Aljabar Di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang

Jayanti Dwi Rahmandani - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd - Nama Orang; Rosita Dwi Ferdiani, S.T., M.Pd - Nama Orang;

Penalaran merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki oleh peserta didik, karena dengan bernalar peserta didik mampu menyelesaikan masalah matematika dengan proses berpikir atau alur bernalar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kemampuan penalaran matematis peserta didik dalam menyelesaikan soal matematika aljabar di SMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian diskriptif. Subjek yang dianalisis adalah sebanyak 7 peserta didik kelas VIII diSMP PGRI 02 Pakisaji Kabupaten Malang ditentukan dari hasil tes yang dikelompokkan berdasarkan kategori kemampuan penalaran matematis dengan masing-masing kategori terdapat 2 peserta didik. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tes soal kemampuan penalaran, wawancara dan dokumentasi. Instrument penelitian soal tes dan pedoman wawancara dilakukan validasi oleh validator. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi. Indikator penalaran matematis antara alain (1) melakukan manipulasi matematika (2) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram dan gambar (3) Menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi (4) menarik kesimpulan pernyataan yang logis.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada indikator : (a) melakukan manipulasi matematika, terdapat 6 subjek yang tuntas dan satu subjek yang tidak tuntas yaitu subjek A17 pada soal nomor 3. (b) menyajikan pernyataan matematika secara tertulis, diagram dan gambar, terdapat 4 subjek yang tuntas dan 2 subjek tidak tuntas yaitu subjek A14 pada soal nomor 2 dan 3 sedangkan subjek A17 pada soal nomor satu dan 2. (c) Menyusun dan memberikan alasan terhadap kebenaran solusi, terdapat 4 subjek dan 2 subjek tidak tuntas subjek A15 pada soal nomor 2 dan 3 sedangkan subjek A17 pada soal nomor 2 dan 3. (d) menarik kesimpulan yang logis, terdapat 5 subjek dan 2 subjek tidak tuntas yaitu subjek A14 pada soal nomor 2 dan 3 sedangkan subjek A17 pada soal nomor 1 dan 3. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa masih terdapat peserta didik yang belum tuntas pada indikator kemampuan penalaran matematis. Disarankan kepada guru untuk lebih sering memberikan soal yang berkaitan dengan kemampuan penalaran matematis kepada peserta didik.


Ketersediaan
2132936/SB/2021KKI 510 RAH a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 JAY a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 138hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kemampuan Penalaran
Pendidikan Matematika
Matematika Aljabar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik