Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Augmented Reality (AR) Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; 1) Perbedaan minat belajar antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dengan siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional, 2) Perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dengan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional, 3) Interaksi antara media pembelajaran augmented reality dan minat terhadap hasil belajar fisika.
Desain penelitian menggunakan Quasi experiment dengan menggunakan rancangan posstest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 06 Malang tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 orang dengan rincian 30 orang sebagai kelas eksperimen dan 30 orang sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes hasil belajar dan angket minat belajar siswa. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1) terdapat perbedaan minat antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran Augmented Reality dengan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional dengan nilai F_hitung sebesar 4,464 pada taraf sifnifikan 0,001 < 0,05. 2) terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran augmented reality dengan siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran konvensional (F = 0,000; 0,000 < 0,05). 3) terdapat interaksi antara media pembelajaran augmented reality dan minat terhadap hasil belajar siswa (F = 4,464; 4,464 < 4,00). Jadi, kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berpengaruh secara signifikan terhadap minat dan hasil belajar siswa.
2132929/SB/2021 | KKI 530 JUM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain