Electronic Resource
Penerapan Model Kooperative Learning Berbasis Performance Assessment Terhadap Hasil Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII-C Pada Materi Tekanan di SMP PGRI 6 Malang
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model Cooperative Learning berbasis Performance Assesment kelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan dua siklus tindakan. Subjek yang diteliti adalah siswa kelas VIII-C SMP PGRI 6 Malang, berjumlah 30 siswa. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.
Hasil penelitian keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 77,12% berada pada kategori baik dan pada siklus II sebesar 90,02% berada pada kategori sangat baik. Sedangkan untuk persentase hasil belajar berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar setelah menerapkan model Cooperative Learning berbasis Performance Assesmet hasil belajarnya meningkat dari pada sebelum model ini diterapkan.
Berdasarkan hasil penelitan ini dapat disimpulkan bahwa model Cooperaive Learning berbasis Perforance Assesment dapat meningkatkan hasl belajar dan keaktifan belajar siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang.
2132925/SB/2021 | KKI 530 JEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain