Electronic Resource
Identifikasi Miskonsepsi Menggunakan Tes DIagnostik Empat Tingkat Pada Materi Hukum Newton Terhadap Siswa Kelas X di SMAN 10 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi siswa pada konsep Hukum Newton dengan menggunakan tes diagnostik empat tingkat (four-tier diagnostict test). Metode penelitian yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA dengan subjek uji skala kecil adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Kr. Petra Malang yang berjulah 18 siswa dan uji skala besar adalah siswa kelas X MIPA 5 di SMAN 10 Malang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 siswa. Data tes diagnostik empat tingkat dikumpulkan dengan menggunakan four-tier untuk mengidentifikasi pemahaman konsep siswa ke dalam 4 kategori, yaitu paham konsep, tidak paham konsep, miskonsepsi dan error. Tingkat miskonsepsi siswa kelas X MIPA 5 SMAN 10 Malang adalah sebesar 54% dengan kriteria tingkat miskonsepsinya adalah sedang. Kategori dengan miskonsepsi tertinggi terdapat pada indikator Hukum III Newton dengan presentase sebesar 63% dan miskonsepsi kategori sedang dengan presentase 45% terdapat pada Hukum II Newton.
2132921/SB/2021 | KKI 530 GUS i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain