Electronic Resource
Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VII Di SMP PGRI 01 Pakissaji Kabupaten Malang
Wijayanti, Evi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang.
Pembimbing : (I) Trija Fayeldi, S. Si, M. Si. (II) Yuniar Ika Putri Pranyata, M. Pd
Kata Kunci: media pembelajaran, matematika, berbasis website
Siswa masih mengalami kesulitan dalam menggambar grafik koordinat kartesius dengan benar, siswa mengalami kesalahan perhitungan persamaan garis lurus dan siswa banyak yang kurang memahami konsep. Solusi yang tepat untuk membantu siswa agar siswa merasa lebih semangat dan senang untuk belajar yaitu dengan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis website pada materi persamaan garis lurus.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus, 3) dan untuk mengetahui keefektifan serta kepraktisan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang dengan subjek siswa kelas IX dengan jumlah 38 siswa. Uji coba dilakukan dua kali yaitu uji coba lapangan terbatas dan ujicoba lapangan luas. Subjek pada uji coba lapangan terbatas berjumlah 10 siswa dan uji coba lapangan luas berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa dan tes.
Hasil dari lembar validasi ahli materi dan ahli media dilakukan untuk menguji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 90,43% dengan kriteria sangat valid dan hasil dari ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 88.91% dengan kriteria sangat valid.
Hasil dari angket respon guru dan angket respon siswa dilakukan untuk menguji kepraktisan produk. Berdasarkan hasil dari respon guru diperoleh skor rata-rata 3,21 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil dari hasil dari respon siswa pada ujicoba lapangan luas diperoleh skor rata-rata sebesar 3,52 dan 3,65 dengan kriteria sangat praktis. Persentase tes yang diperoleh dari uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas didapat skor rata-rata sebesar 80% dan 85,71% dengan kriteria efektif.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh untuk kelayakan produk, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus kelas VIII sangat valid, praktis digunakan dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti selanjutnya diantarannya adalah mengembangkan website dengan tampilan yang lebih menarik dan menyediakan soal latihan pada materi persamaan garis lurus dengan berbagai macam variasi soal.
2132636/SB/2020 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain