Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VII  Di SMP PGRI 01 Pakissaji Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VII Di SMP PGRI 01 Pakissaji Kabupaten Malang

Evi Wijayanti - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang; Trija Fayeldi, S. Si., M. Si - Nama Orang;

Wijayanti, Evi. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang.

Pembimbing : (I) Trija Fayeldi, S. Si, M. Si. (II) Yuniar Ika Putri Pranyata, M. Pd
Kata Kunci: media pembelajaran, matematika, berbasis website
Siswa masih mengalami kesulitan dalam menggambar grafik koordinat kartesius dengan benar, siswa mengalami kesalahan perhitungan persamaan garis lurus dan siswa banyak yang kurang memahami konsep. Solusi yang tepat untuk membantu siswa agar siswa merasa lebih semangat dan senang untuk belajar yaitu dengan pembuatan media pembelajaran matematika berbasis website pada materi persamaan garis lurus.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis website, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus, 3) dan untuk mengetahui keefektifan serta kepraktisan dalam penggunaan media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation & Evaluation). Penelitian dilakukan di SMP PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang dengan subjek siswa kelas IX dengan jumlah 38 siswa. Uji coba dilakukan dua kali yaitu uji coba lapangan terbatas dan ujicoba lapangan luas. Subjek pada uji coba lapangan terbatas berjumlah 10 siswa dan uji coba lapangan luas berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon guru, angket respon siswa dan tes.
Hasil dari lembar validasi ahli materi dan ahli media dilakukan untuk menguji kelayakan produk. Berdasarkan hasil validasi ahli media memperoleh skor rata-rata sebesar 90,43% dengan kriteria sangat valid dan hasil dari ahli materi memperoleh skor rata-rata sebesar 88.91% dengan kriteria sangat valid.
Hasil dari angket respon guru dan angket respon siswa dilakukan untuk menguji kepraktisan produk. Berdasarkan hasil dari respon guru diperoleh skor rata-rata 3,21 dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil dari hasil dari respon siswa pada ujicoba lapangan luas diperoleh skor rata-rata sebesar 3,52 dan 3,65 dengan kriteria sangat praktis. Persentase tes yang diperoleh dari uji coba lapangan terbatas dan uji coba lapangan luas didapat skor rata-rata sebesar 80% dan 85,71% dengan kriteria efektif.




Berdasarkan hasil data yang diperoleh untuk kelayakan produk, kepraktisan dan keefektifan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis website pada materi persamaan garis lurus kelas VIII sangat valid, praktis digunakan dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk peneliti selanjutnya diantarannya adalah mengembangkan website dengan tampilan yang lebih menarik dan menyediakan soal latihan pada materi persamaan garis lurus dengan berbagai macam variasi soal.


Ketersediaan
2132636/SB/2020Perpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 510 EVI p/s
Penerbit
Malang : Pendidika Matematika., 2020
Deskripsi Fisik
x, 110hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
media pembelajaran, matematika, berbasis website
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik