Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiri Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Fisika Siswa
Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru bidang studi fisika dan hasil diskusi dengan siswa terhadap proses pembelajaran Fisika di SMP PGRI 6 MALANG, ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru sering menggunakan metode ceramah dan siswa menganggap fisika itu sulit sehingga siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiri berbantuan media power point dalam meningkatkan prestasi dan motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 6 Malang di kelas VIII A sebagai subyek penelitian. Rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan II siklus, dengan siklus I pokok bahasan Getaran dan Gelombang sedangkan siklus II pokok bahasan Bunyi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019-2020 di kelas VIII A SMP PGRI 6 MALANG. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Berdasarkan analisis data pembelajaran guided inquiri dapat meningatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaa penggunaan pembelajaran guided inquiri dengan rata-rata siklus I 70,26% dan siklus II 86,98%. Dari persentase motivasi belajar siswa siklus I 70,23 % dan siklus II 82,51 %. Sedangkan pada prestasi belajar siswa yang telah dicapai oleh siswa, hasil persentase siklus I 62,5 % dan siklus II adalah 87,9, berdasarkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 71 dan rata-rata pada siklus II adalah 92,80.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Guided Inquiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 MALANG.
2132627/SB/2020 | KKI 530 IDU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain