Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiri Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Fisika Siswa

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiri Berbantuan Media Powerpoint Untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar Fisika Siswa

Fransiska Debi Idus - Nama Orang; Dr. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Muhammad Nur Huda, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi awal melalui wawancara dengan kepala sekolah, guru bidang studi fisika dan hasil diskusi dengan siswa terhadap proses pembelajaran Fisika di SMP PGRI 6 MALANG, ditemukan beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu guru sering menggunakan metode ceramah dan siswa menganggap fisika itu sulit sehingga siswa kurang terlibat secara aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Guided Inquiri berbantuan media power point dalam meningkatkan prestasi dan motivasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP PGRI 6 Malang di kelas VIII A sebagai subyek penelitian. Rancangan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan II siklus, dengan siklus I pokok bahasan Getaran dan Gelombang sedangkan siklus II pokok bahasan Bunyi. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019-2020 di kelas VIII A SMP PGRI 6 MALANG. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Berdasarkan analisis data pembelajaran guided inquiri dapat meningatkan motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaa penggunaan pembelajaran guided inquiri dengan rata-rata siklus I 70,26% dan siklus II 86,98%. Dari persentase motivasi belajar siswa siklus I 70,23 % dan siklus II 82,51 %. Sedangkan pada prestasi belajar siswa yang telah dicapai oleh siswa, hasil persentase siklus I 62,5 % dan siklus II adalah 87,9, berdasarkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I adalah 71 dan rata-rata pada siklus II adalah 92,80.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Guided Inquiri dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas VIII A SMP PGRI 6 MALANG.


Ketersediaan
2132627/SB/2020KKI 530 IDU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 IDU p/s
Penerbit
Fisi : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xvi, 207 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Skripsi
Guided Inquiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik