Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Apriliani Asni - Nama Orang; Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang;

Analisis merupakan penyelidikan suatu peristiwa untuk mengetahui apa sebabnya, bagaimana jenis masalahnya, dengan analisis diharapkan sesorang mempunyai pemahaman yang dapat memilah suatu kesalahan menjadi bagian yang tetap terpadu, untuk beberapa hal yang dalam memahami prosesnya. Salah satu analisis dalam bidang matematika adalah analisis kemampuan pemecahan masala matematika yang bertujuan agar dapat mengetahui kemampuan seseorang dalam pemecahan suatu masalah dalam bidang matematika. Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dalam matematika, bukan saja bagi mereka yang di kemudian hari akan mendalami atau mempelajari matematika, melainkan juga bagi mereka yang akan menerapkannya dalam bidang studi lain dan dalam kehidupan sehari-hari, empat tahap penting yang harus ditempuh oleh peserta didik dalam memecahkan masalah yaitu, tahap memahami masalah, tahap perencanaan penyelesaian, tahap pelaksanaan rencana, tahap peninjauan kembali.

Empat tahapan Polya sangat penting bagi peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika yaitu (1) memahami masalah, pada langkah ini, peserta didik harus dapat menentukan apa yang diketahu dan apa yang ditanyakan dalam masalah suatu soal yang diberikan. (2) perencanaan penyelesaian, setelah memahami soal yang diberikan, selanjutnnya peserta didik menyusun rencana penyelesaian soal yang diberikan. Pada hal ini peserta didik dituntut dapat mengaitkan masalah dengan materi yang telah diperoleh peserta didik. (3) pelaksanaan rencana, rencana yang telah disusun selanjutnya dapat digunakan untuk menyelesaikan soal dengan cara melaksanakan rencana yang telah dibuat. (4) peninjauan kembali, hasil yang diperoleh dari pelaksanaan rencana, peserta didik harus peninjauan kembali atau mengecek jawaban yang didapatkannya. Sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) merupakan salah satu materi yang diajarkan ditingkat sekolah menengah pertama pada kelas VIII. Pada materi sistem persamaan linear dua variabel lebih sering disajikan soal cerita yakni suatu permasalahan matematika yang disajikan dalam bentuk kalimat dan berhubungan dengan masalah sehari-hari.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang yang sebanyak 6 subyek. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu didapatkan dari hasil tes tertulis dan hasil wawancara antara peneliti dengan siswa kelas VIII SMP PGRI 6 Malang. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di
SMP PGRI 6 Malang dengan jumlah siswa 24. Setelah melakukan tes dan wawancara selanjutnya data dikumpulkan berupa dokumentasi. Data yang dianalisis adalah hasil tes dan hasil wawancara, analisis data untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal berdasarkan tahapan Polya. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianglasi sumber.
Kesimpulan penelitian ini adalah dari sebanyak 24 siswa diperoleh sebanyak 6 orang siswa (23,5%) kemampuan pemecahan masalah “tingkat tinggi” atau mampu melaksanakan 4 langkah pemecahan masalah Polya yaitu, memahami masalah, perencanaan penyelesaian, pelaksanaan rencana, peninjauan kembali. 14 orang siswa
(8,8%) termasuk dalam kategori “tingkat sedang” atau hanya mampu melaksanakan 3 langkah pemecahan masalah Polya yaitu, memahami masalah, perencanaan penyelesaian, pelaksanaan rencana, belum mampu melaksanakan tahap ke empat, 4 orang siswa (11,8%) termasuk dalam kategori “tingkat rendah” atau mampu melaksanakan tahapan 1 dan 3 yaitu memahami masalah, pelaksanaan rencana, namun salah dalam perhitungan dan belum mampu melaksanakan tahap ke 2 dan 4
yaitu, perencanaan penyelesaian, peninjauan kembali. Makna analisis, penyelidikan terhadap suatu peristiwa (karangan, perbuatan) untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Penyebab ketidaakmampuan siswa dalam mengerjakan soal yaitu siswa tidak memahami materi, tidak memahami teknik penyelesaian soal, kurang kosentrasi dalam mengerjakan soal, kurang tepat dalam membuat kesimpulan akhir, dan kurang teliti. Oleh karena itu, untuk meminimalkan terjadinya kesalahan disarankan siswa dapat memahami makna dari soal, memahami konsep dari pada menghafal rumus, dan memperbanyak latihan soal.


Ketersediaan
2132571/SB/2020KKI 510 ASN a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 APR a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xiii, 76hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
tahapan Polya
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Pendidikan Mamtematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik