Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Kalor dan Perubahannya
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dalam bentuk penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan tehnik Cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas VII H yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas esperimen menggunakan model Problem Based Learning dan kelas VII F sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dengan menggunakan model Discovery Learning. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning. (2) untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian beljar rendah, (3) untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa.
Berdasarkan analisis kemampuan berpikir kritis siswa dengan uji hipotesis menggunakan SPSS 22.00 for windowsdiperoleh hasil bahwa (1) tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, (2) tidak terdapat perbedaan bepikir kritis antara siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap berpikir kritis siswa..
| 2132563/SB/2020 | KKI 530 MAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain