Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Wagir Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Wagir Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains

Afriani Rita Jaya - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan literasi sains siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui adanya perbedaan literasi sains antara siswa yang mempunyai keterampilan proses sains tinggi dengan keterampilan proses sains rendah, (3) mengetahui adanya pengaruh interasksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode pictorial Riddle dan keterampilan proses sains terhadap literasi sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 WAGIR semeseter genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group desain, dan menggunakan analisis data anova dua jalur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Adanya perbedaan literasi sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Pictorial Riddle dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,018 < 0,05. Nilai rata-rata literasi sains siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle adalah 76,96 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 69,16. (2) Tidak terdapat perbedaan literasi sains antara siswa yang mempunyai keterampilan proses sains tinggi dan siswa yang mempunyai keterampilan prose sains rendah. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,391 > 0,05. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle dan keterampilan proses sains terhadap literasi sains. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,906 > 0,05.


Ketersediaan
2132562/SB/2020KKI 530 JAY p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 JAY p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xvii, 177 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning
Skripsi
Metode Pictorial Riddle
Literasi Sains, Keterampilan Proses Sains.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik