Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Metode Pictorial Riddle Terhadap Literasi Sains Siswa Kelas VIII SMP PGRI 1 Wagir Ditinjau Dari Keterampilan Proses Sains
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan literasi sains siswa yang belajar dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui adanya perbedaan literasi sains antara siswa yang mempunyai keterampilan proses sains tinggi dengan keterampilan proses sains rendah, (3) mengetahui adanya pengaruh interasksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode pictorial Riddle dan keterampilan proses sains terhadap literasi sains. Penelitian ini dilaksanakan di SMP PGRI 1 WAGIR semeseter genap tahun pelajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang terbagi menjadi dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest only control group desain, dan menggunakan analisis data anova dua jalur.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Adanya perbedaan literasi sains antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan metode Pictorial Riddle dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,018 < 0,05. Nilai rata-rata literasi sains siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle adalah 76,96 dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) 69,16. (2) Tidak terdapat perbedaan literasi sains antara siswa yang mempunyai keterampilan proses sains tinggi dan siswa yang mempunyai keterampilan prose sains rendah. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,391 > 0,05. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan metode Pictorial Riddle dan keterampilan proses sains terhadap literasi sains. Taraf signifikansi yang diperoleh adalah 0,906 > 0,05.
2132562/SB/2020 | KKI 530 JAY p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain