Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajran Discovery Learning Menggunakan Metode Multirepresentasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajran Discovery Learning Menggunakan Metode Multirepresentasi Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa

Yulita Dahman - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata,S.Si.,M.Si - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan metode multi representasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah, 3) Untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning menggunakan metode multi representasi dengan keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Desain penelitian menggunakan quasi experimental design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Wagir tahun ajaran 2019/2020. Tekhnik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Sampel penelitian berjumlah 53 orang yaitu 27 orang sebagai kelas eksperimen dan 26 orang sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan berpikir kritis dan lembar observasi keterampilan proses sains. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan anova 2 jalur. Hasil dalam penelitian yaitu: 1) Ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning menggunakan metode multirepresentasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian Sig < α (0,021 < 0,05). 2) Ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa antara siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah. Hasil penelitian Sig < α (0,004 < 0,05). 3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran Discovery Learning menggunakan metode multi representasi dengan keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian Sig < α (0,50 < 0,05). Jadi, pada penelitian ini, keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kelas kontrol, keterampilan berpikir kritis siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi lebih tinggi apabila dibandingkan dengan siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah, dan tidak ada iteraksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.


Ketersediaan
2132558/SB/2020KKI 530 DAH p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DAH p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xi, 70 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keterampilan Proses Sains
Skripsi
Keterampilan Berpikir Kritis
Pembelajaran Discovery Learning, Multirepresentasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik