Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Konvansional Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP PGRI 01 Pakisaji 2018/2019

Electronic Resource

Perbedaan Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Konvansional Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa SMP PGRI 01 Pakisaji 2018/2019

Yosafat Lexi Malo - Nama Orang; Drs. Sutrisno, MT - Nama Orang; Muhammad Nur Huda, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini fokus membahas perbedaan prestasi belajar (kognitif) antara penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan konvensional. Penelitian ini menggunakan dua kelas dengan jumlah subjek penelitian terdiri 71 mencakup keseluruan siswa kelas VIII. Kelas A sebagai kelas
eksperimen diberikan perlakuan (treatment) oleh peneliti sendiri, sedangkan pada kelas kontrol diberi treatment tertentu oleh guru pengumpuh (konvensional). Data dalam bentuk nilai pre-test dan post-test diperoleh sebelum dan sesudah pemberian treatment. Nilai kemampuan awal (pre-test) kedua kelas dijadikan landasan pengambilan keputusan pada prestasi belajar (post-test). Berdasarkan hasil analisis statistik parametrik (independent sample t-test) pada nilai (pre-test) menunjukan tidak ada perbedaan kemampuan awal yang signifikan. Sedangkan pada nilai prestasi belajar (post-test) terdapat perbedaan nilai rata-rata masingmasing kelas yakni 73.43 pada kelas eksperimen sedangkan rata-rata kelas kontrol 64.03, hasil analisis statistik paramertrik (independent sample t-test) dengan bantuan aplikasi SPSS 22.0 for windows juga membuktikan perbedaan nilai yang signifikan (sig. (2-tailed) = 0.001), maka sesuai dengan kriteria yang ditentukan diambil kesimpulan “ada perbedan nilai prestasi belajar akibat dari perbedaan perlakuan yang diberikan”. Dari hasil Paired Samples Correlations juga menunjukan adanya pengaruh yang positif dari treatment yang diberikan.


Ketersediaan
2132547/SB/2020KKI 530 MAL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2020
Deskripsi Fisik
xi, 89 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing
Pembelajaran Konvensional
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik