Electronic Resource
Pengaruh Model Contextual Teaching Learning (CTL) Berbasis Multirepresentasi Dan Keterampilan Proses terhadap Pemahaman konsep Siswa SMP Nasional Malang Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Untuk membuktikan bahwa ada perbedaan keterampilan proses antara siswa yang mengikuti model Contextual Teaching and Learning Berbasis Multirepresentasi dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (2) Untuk membuktikan bahwa ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mengikuti model Contextual Teaching and Learning dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional; (3)Untuk membuktikan bahwa ada interaksi antara model Contextual Teaching and Learning dengan keterampila proses terhadap pemahaman konsep siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan rancangan Pretest Posstest Only Control Group Design. Populasi dari penelitian adalah selurus siswa kelas VIII SMP Nasional Malang tahun ajaran 2018-2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 56 siswa dengan rincian 28 siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa kelas VIIID sebagai kelas kontrol. Teknik pengamblan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan lembar observasi keterampilan proses siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan Anova Dua Jalur. Hasil penelitian membuktikan bahwa;(1) ada perbedaan keterampilan proses pada siswa yang mengukuti model pembelajaran CTL berbasis Multirepresentasi dengan nilai signifikansi 0,002; (2)ada perbedaan pemahaman konsep pada siswa yang menggunakan model pembelajaran CTL berbasis Multirepresentasi dengan nilai signifikansi 0,040; (3)ada interaksi antara model CTL berbasis Multirepresentasi dan keterampilan proses terhadap pemahaman konsep siswa dengan nilai signifikansi 0,000.
2132343/SB/2020 | KKI 530 RAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain