Electronic Resource
Pengaruh Promosi Dan Komunikasi Terhadap Minat Calon Siswa Di Smk Negeri 3 Batu
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi, pencitraan dan komunikasi terhadap minat sekolah diSMK Negeri 3 Batu. Penelitian ini menunjukkan bahwa pada data tahun 2011-2014, terjadi kecenderungan penurunan jumlah siswa baru di SMK Negeri 3 Batu. Setelah melakukan penelitian sesuai dengan beberapa data yang diperoleh dilapangan, maka peneliti menyimpulkan bahwa promosi, pencitraan dan komunikasi ada pengaruh yang sigifikan yaitu sebesar 54,8% terhadap minat sekolah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode explanatoryresearch (penelitian penjelasan) yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 218 siswa. Sampel yang diambil ada random sampling propotional, jadi sampel adalah 56 siswa.
Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier berganda. Perhitungan analisis regresi berganda tersebut dilakukan dengan bantuan sofware SPSS seri 22.0 for windows. Perhitungan yang telah dilakukan terhadap data penelitian menghasilkan persamaan regresi linier berganda yaitu Y = 20.628 + -0,582 X1 + 0,325 X2 + 0,259 X3 + e. Persamaan regeresi tersebut memenuhi uji-uji yang ditentukan sehingga dapat dipakai untuk prediksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh variabel baik itu promosi, pencitraan dan komunikasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat sekolah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah masing-masing variabel bebas baik itu promosi, pencitraan dan komunikasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat sekolah
2132338/SB/2020 | KKI 330 ISW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain