Electronic Resource
Analisis Pemahaman Siswa Kelas X Akuntansi SMK Nu Bululawang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Teori Apos
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan siswa dalam memahami materi pelajaran matematika di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) khususnya materi sistem persamaan linear dua variabel karena materi tersebut berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis pemahaman siswa kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan teori APOS. Terdapat empat tingkatan pemahaman teori APOS yaitu, aksi, proses, objek, dan skema.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Subjek penelitian yang diambil adalah 13 siswa kelas X Akuntansi SMK NU Bululawang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pada tingkat aksi, semua subjek belum memiliki pemahaman yang sempurna. Semua siswa sudah mampu membedakan mana yang merupakan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) dan mana yang bukan merupakan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Tiga subjek tidak dapat menunjukkan variabel dengan tepat. Semua subjek tidak dapat menunjukkan koefisien dengan tepat. Satu subjek tidak dapat menunjukkan konstanta dengan tepat; (2) Pada tingkat proses, semua subjek sudah memiliki pemahaman yang baik. Semua subjek dapat mengerjakan dengan langkah-langkah yang benar dan memperoleh jawaban yang benar. Sebelas subjek menggunakan metode eliminasi dalam menyelesaikan soal nomor 2. Dua subjek menggunakan metode gabungan dalam menyelesaikan soal nomor 2; (3) Pada tingkat objek, ada tiga subjek yang sudah berada pada tingkat pemahaman objek yang sempurna, ada dua subjek yang belum sampai pada tingkat objek, delapan subjek dengan pemahaman objek belum sempurna; (4) Pada tingkat skema, ada delapan subjek yang masih belum sempurna pemahamannya, tiga subjek sudah dalam pemahaman yang baik, dua subjek sudah dalam pemahaman sempurna. Adapun saran dari peneliti yaitu bagi guru, agar mengajarkan materi matematika lebih detail dalam menyampaikan materi karena dilihat dari hasil penelitian ini semua siswa satu kelas mengalami kesalahan dalam menyebutkan koefisien.
2132332/SB/2020 | KKI 510 MUF a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain