Electronic Resource
Pengembangan Media berbasis Animasi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Tematik Materi 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Untuk Siswa Kelas III Di Sekolah Dasar
Kurangnya penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi khususnya untuk pembelajaran tematik berdampak pada lemahnya pemahaman siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis animasi augmented reality yang valid dan praktis pada materi 3R (reduce, reuse, recycle).
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan ADDIE dengan menggunakan 5 tahapan yaitu Analyze
(Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Validasi produk pada ahli materi dan
ahli media, sedangkan subjek uji coba oleh guru dan 20 siswa sebagai calon pengguna media berbasis animasi augmented reality. Instrumen pengumpulan
data menggunakan angket untuk kevalidan dan kepraktisan, sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil menunjukkan media pembelajaran ini telah melalui tahapan-tahapan penelitian pengembangan. Hasil validasi pada ahli materi memperoleh rata-rata 86% dan pada validator ahli media memperoleh rata rata 92% dengan kategori kedua dari ahli materi dan ahli media adalah sangat valid, hasil angket respon guru memperoleh 84% , serta respon siswa kelas III yang berjumlah 20 siswa memperoleh 83% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis animasi augmented reality dalam mata pelajaran 3R (reduce, reuse, recycle) untuk pemahaman konsep siswa layak dan praktis digunakan sebagai media pembelajaran pada pembelajaran tematik kelas III SDN Ngadimulyo 01 Kecamatan Sukorejo.
2132260/SB/2020 | KKI 372 ANA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain