Electronic Resource
Pengembangan Modul Saku FPB Dan KPK Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar matematika dalam pembelajaran kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar berupa modul saku FPB dan KPK berbasis probem solving pada pembelajaran matematika kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models). Model ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Produk yang sudah valid diujicobakan kepada peserta didik kelas IV SD. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi (guru), dan angket respon peserta didik serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis data kuantitatif yang diperoleh melalui angket untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, serta data kualitatif yang diperoleh melalui kritik dan saran. Hasil penelitian dengan kategori: a) valid dengan presentase 92,3%; b) praktis dengan presentase 88,51%; c) efektif dengan presentase nilai 88%. Berdasarkan pemaparan hasil penilaian diatas, modul saku FPB dan KPK berbasis problem solving dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul saku FPB dan KPK dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri serta dapat digunakan guru sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.
2132257/SB/2020 | KKI 372 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain