Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Saku FPB Dan KPK Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD

Electronic Resource

Pengembangan Modul Saku FPB Dan KPK Berbasis Problem Solving Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD

Intan Maretta - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya bahan ajar matematika dalam pembelajaran kelas IV SD. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar berupa modul saku FPB dan KPK berbasis probem solving pada pembelajaran matematika kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D (Four D Models). Model ini terdiri dari empat tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Produk yang sudah valid diujicobakan kepada peserta didik kelas IV SD. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, ahli praktisi (guru), dan angket respon peserta didik serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti adalah teknik analisis data kuantitatif yang diperoleh melalui angket untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan, serta data kualitatif yang diperoleh melalui kritik dan saran. Hasil penelitian dengan kategori: a) valid dengan presentase 92,3%; b) praktis dengan presentase 88,51%; c) efektif dengan presentase nilai 88%. Berdasarkan pemaparan hasil penilaian diatas, modul saku FPB dan KPK berbasis problem solving dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Modul saku FPB dan KPK dapat digunakan peserta didik untuk belajar secara mandiri serta dapat digunakan guru sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.


Ketersediaan
2132257/SB/2020KKI 372 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MAR p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiii, 112Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Solving
Skripsi
Modul Saku
FPB dan KPK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik