Electronic Resource
Optimalisasi Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Dalam Menggunakan Media Manipulatif Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Strategi Rotation Trio Exchange Siswa Kelas VIII SMPN 2 Turen
Proses pembelajaran matematika masih banyak yang bersifat ‘teacher centered’ sehingga proses pembelajaran terkesan monoton dan kurang menyenangkan sehingga berpengaruh pada kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini berdampak pada mayoritas siswa cenderung pasif, pembelajaran dirasa kurang menyenangkan, siswa tidak berani mengemukakan pendapat serta ide baru dan nilai siswa yang rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut solusi yang diberikan dalam penelitian ini adalah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Rotation Trio Exchange, dimana model/ strategi pembelajarn ini membuat siswa lebih aktif dikelas. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengoptimalisasikan kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan media manipulatif dengan model pembelajaran kooperatif tipe Rotation Trio Exchange, penggunaan metode ini akan berdampak pula terhadap hasil belajar siswa dikelas.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK), Data yang diambil pada penelitian ini adalah hasil observasi kemampuan berpikir kreatif, hasil tes akhir dan hasil observasi. Sementara sumber data pada penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII G. Instrumen yang digunakan adalah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), lembar observasi aktivitas guru dan siswa, lembar observasi kemampuan berpikir kreatif siswa, lembar soal tes, dan lembar catatan lapangan.
Berdasarkan analisis hasil penelitian, keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I hasil lembar Observasi kemampuan berpikir kreatif siswa menunjukkan tingkat berpikir kreatif yaitu 3,358, dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal juga mengalami peningkatan persentasenya dari 79,0% menjadi 90,0%. Demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media manipulatif dengan strategi Rotation Trio Exchange dapat mengoptimalisasikan kemampuan berpikir kreatif siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP N 2 Turen. Saran dari peneliti yaitu bagi guru yang ingin menerapkan strategi pembelajaran Rotation Trio Exchange hendaknya dapat mengatur waktu dengan baik dan dapat mengelola kelas dengan baik pula, sehingga dapat menjadikan suasana kelas lebih menyenangkan dan lebih kondusif karena strategi pembelajaran ini memiliki tahapan-tahapan pembelajaran yang dapat menimbulkan kegaduhan di kelas.
2132124/SB/2020 | KKI 510 NIN o/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain