Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Creativ Problem Solving (CPS) Dengan Pendekatan Kontekstul
Permasalahan kurang beraninya peserta didik untuk mengungkapkan kesulitan yang dialaminya kepada guru dalam memahami materi yang diajarkan, sehingga peserta didik bersifat pasif dalam menerima materi pelajaran dan akhirnya peserta didik merasa malas untuk belajar. Dalam hal ini guru harus mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran dan mampu menyajikan model pembelajaran yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Craetif Problem Solving (CPS) dengan konstektual untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang terdiri atas 2 siklus dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTS AINUL YAQIN yang berjumlah 25 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas VIII MTS AINUL YAQIN serta peneliti bertindak sebagai guru. Prosedur Pengumpulan Data Meliputi Tes, Observasi, Wawancara. Analisis Data Meliputi Mereduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Untuk menghindari kesalahan dan kekeliruan data yang terkumpul, dilakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi, ketekunan pengamat dan pengecekan teman sejawat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun tes. Aktivitas guru sebesar 67,8% dan aktivitas siswa sebesar 73,3%. Peningkatan itu dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pada siklus I tercapai sebesar 71,42% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89,29%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model creative problem solving pada pelajaran matematika materi bentuk aljabar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Ainul Yaqin.
Saran untuk penelitian ini, perlu adanya penelitian lebih lanjut lagi karena penelitian ini hanya dilakukan di MTS AINUL YAQIN. Untuk peneliti lain hendaknya model creatif problem solving ini bisa dibuat rujukan untuk penelitian selanjutnya.
2132092/SB/2020 | KKI 510 QIF m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain