Electronic Resource
Efektvitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Selving Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII SMP YBPK Tambakasri
Kemandirian belajar adalah suatu suatu usaha yang dilakukan untuk melakukan aktivitas belajar dengan cara mandiri atas dasar motivasinya sendiri untuk menguasai suatu materi tertentu sehingga bisa dipakai untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik problem solving dimana problem solving merupakan salah satu teknik yang digunakan dalam bimbingan kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP YBPK Tambakasri sebelum dan setelah pemberian
treatment dengan teknik problem solving yang diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi experiment, dengan menggunakan pola pre test dan post test group, dalam penelitian ini peneliti memberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dengan sasaran yang sebelumnya telah diketahui kondisi awal sebelum diberi perlakuan dengan menggunakan pre test,
dan test akhir post test setelah diberi perlakuan. Subyek digunakan adalah 12 siswa dari kelas VII SMP YBPK Tambakasri. Instrument yang digunakan dalam penelitian adalah angket dan observasi. Pengujian instrument ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisa data menggunakan uji willcoxon. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilihat dari skor total 12 siswa dalam pretest dengan jumlah nilai 866. Sedangkan setelah diberi treatment skor posttest dengan jumlah nilai 951. Berdasarkan uji wilcoxon antara pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikan (2-tailed) yaitu 0,002
2132084/SB/2020 | KKI 371.4 PUS e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain