Electronic Resource
Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa kelas X SMKN 2 Singosari
Oktaviani, Saktia. 2019. Penerapan Strategi Pembelajaran Time Token Untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 2 Singosari. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Kanjuruhan Malang.
Pembimbing : (I) Dr. Sri Hariyani, M.Pd, (II) Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd.
Kata-kata kunci: Strategi Pembelajaran Time Token, hasil belajar.
Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan di SMKN 2
Singosari adalah strategi Time Token. Penerapan strategi Time Token dalam pembelajaran matematika dimaksudkan agar setiap siswa bertanggung jawab dan siswa akan termotivasi untuk mengerjakan tugas, sehingga siswa tidak lagi cenderung pasif pada saat proses pembelajaran, selain itu strategi pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan strategi Time Token yang meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Matriks kelas X SMKN 2 Singosari tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian kelas X SMKN 2 Singosari tahun pelajaran 2018/2019 berjumlah 36 siswa. Sumber data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Metode pengumpulan data meliputi (1) tes, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan cara ketekunan pengamat, triangulasi dan pemeriksaan sejawat.
Hasil penelitian aktivitas siswa pada tindakan I yaitu pada pertemuan 1 mendapatkan persentase rata-rata 81,96% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase rata-rata 78,96%, sedangkan aktivitas siswa pada tindakan II yaitu pada pertemuan 1 mendapatkan persentase rata-rata 88,89% dan pada pertemuan 2 mendapatkan persentase rata-rata 91,075%. Hasil ketuntasan tes siswa pada tindakan I mencapai persentase 72,22%, sedangkan pada tindakan II mencapai persentase 86,1%.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Time Token dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 2 Singosari. Hasil tersebut dapat dicapai dengan menggunakan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut: Tahap awal dengan penyampaian apersepsi, motivasi dan tujuan pembelajaran. Tahap inti yaitu (1) Orientasi, (2) Mengorganisasikan, (3) Membimbing, (4) Presentasi, (5) Analisis dan Evaluasi, serta (6) Pemberian strategi Time Token. Tahap akhir dengan memotivasi siswa untuk belajar. Saran yang diberikan adalah bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan dan menerapkan pembelajaran dengan strategi Time Token pada mata pelajaran lain.
2132028/SB/2019 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain