Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang

Desy Hukubun - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi,S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Hena Dian Ayu,S,Si., M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII D SMP N 17 Negeri Malang, dilihat dari nilai rata-rata dan KKM, masih banyak yang memiliki nilai rendah dan belum tuntas. Dalam proses pembelajaran siswa juga tdak aktif, baik aktif bertanya, mengemukakan pendapat maupun berkomunikasi dengan gurunya. Melihat kondisi tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Mendeskripsikan kualitas metode pem belajaran dengan model problem solving berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan prsetasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan metode pembelajaran Problem Solving, (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Problem Solving. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 17 malang yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I 83,57% dan siklus II 93,85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran sangat baik. Untuk peningkatan motivasi siklus I 74,47% dan siklus II 86,98% sehingga motivasi siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata- rata prestasi belajar prasiklus 50%, siklus I 72,64% dan siklus II 80,29%. Dan berada dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dipeoleh sebagai berikut bahwa Model Pembelajaran Problem Solving berbantuan Mind Mapping dapat Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII D SMP N 17 Malang


Ketersediaan
2131983/SB/2019KKI 530 HUK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 HUK p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
ix, 153Hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi
Mind Mapping
Problem Solving
Prestasi Belajar.
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik