Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang
Berdasarkan hasil observasi di kelas VIII D SMP N 17 Negeri Malang, dilihat dari nilai rata-rata dan KKM, masih banyak yang memiliki nilai rendah dan belum tuntas. Dalam proses pembelajaran siswa juga tdak aktif, baik aktif bertanya, mengemukakan pendapat maupun berkomunikasi dengan gurunya. Melihat kondisi tersebut, peneliti mencoba menerapkan model pembelajaran Problem Solving Berbantuan Mind Mapping untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :(1) Mendeskripsikan kualitas metode pem belajaran dengan model problem solving berbantuan mind mapping untuk meningkatkan motivasi dan prsetasi belajar siswa, (2) Untuk mengetahui peningkatan motivasi siswa dengan metode pembelajaran Problem Solving, (3) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa dengan metode pembelajaran Problem Solving. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP N 17 malang yang berjumlah 34 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I 83,57% dan siklus II 93,85%, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran sangat baik. Untuk peningkatan motivasi siklus I 74,47% dan siklus II 86,98% sehingga motivasi siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata- rata prestasi belajar prasiklus 50%, siklus I 72,64% dan siklus II 80,29%. Dan berada dalam kriteria baik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dipeoleh sebagai berikut bahwa Model Pembelajaran Problem Solving berbantuan Mind Mapping dapat Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa kelas VIII D SMP N 17 Malang
2131983/SB/2019 | KKI 530 HUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain