Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Dan Tingkat Berpikir Kreatif Terhadap Prestasi Belajar Siswa
Pembelajaran Creative Problem Solving menekankan kemampuan pemecahan masalah dengan penguatan kreativitas, dapat meningkatkan keterampilan siswa untuk kreatif memecahkan masalah. Tujuan penelitian adalah 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dan tingkat berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa, 2) mengetahui pengaruh tingkat berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa, 3) mengetahui pengaruh interaksi model pembelajaran Creative Problem Solving dan tingkat berpikir kreatif terhadap prestasi belajar.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen semu dengan post-test only control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 10 kelas. Sampel yang digunakan kelas VIII D (kelas kontrol) dan kelas VIII E (kelas eksperimen), diambil mengunakan teknik random sampling dengan setiap kelas berjumlah 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar dan angket tingkat berfikir kreatif.
Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengunakan metode Creative Problem Solving dengan, siswa yang mengunakan metode konvensional (Sig 0.00), 2) terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang mengunakan metode Creative Problem Solving ditinjau dari tingkat berpikir kreatif dengan, siswa yang mengunakan metode konvensional ditinjau dari tingkat berfikir kreatif (Sig 0.00), 3) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran Creative Problem Solving dan tingkat berpikir kreatif terhadap prestasi belajar siswa (Sig 0.036).
2131944/SB/2019 | KKI 530 SHA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain