Electronic Resource
Keefektifan Teknik Shaping Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas 5 Sedkolah Dasar
Tercapainya prestasi belajar di sekolah sangatlah bergantung pada kemandirian belajar siswa. Kualitas kemandirian belajar adalah salah satu ciri sikap yang sangat dibutuhkan individu di masa depan yang semakin kompleks dan penuh tantangan. Terutama dalam proses belajar untuk mengatasi setiap masalah dan hambatan yang di alami dalam proses belajar itu sendiri. Kemandirian belajar perlu di tanamkan sejak dini mengingat kemandirian belajar merupakan pilar penting bagi pembentukan karakter siswa.
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 sebelum di berikan teknik shaping. (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 setelah di berikan teknik shaping. (3) Untuk mengetahui keefektifitasan teknik shaping dalam meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah singgel subject design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini A-B-A yang memberikan suatu hubungan sebab akibat yang lebih kuat diantara variabel terikat dengan variabel bebas. Pelaksanaan penelitian ini diawali dengan observasi dan wawancara, kemudian pemberian treatment atau perlakuan berupa teknik shaping, peneliti memantau kembali untuk mengetahui keefektifan teknik shaping dalam meningkatkan kemandirian belajar. Subjek penelitian ini di dapat dari hasil observasi dan wawancara dengan wali kelas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 siswa dari 36 siswa.
Hasil penelitian membuktikan bahwa kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 meningkat setelah diberikan treatment kepada siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 sebelum treatment rendah dengan rentan angka 4-6. (2) Tingkat kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 meningkat secara stabil pada rentan 21-35. (3) Hasil setelah mendapat treatment dengan teknik shaping menunjukkan peningkatan dengan stabil dengan rentan 17-21. Hal ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01 meningkat. Artinya teknik shaping efektif untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas 5 SD Dadapan 01. Bagi penelitian selanjutnya bisa memilih tipe reward yang lebih menarik dan sesuai dengan karakter siswa SD. Usahakan untuk tidak memberikan reward yang berlebih kepada siswa
2131702/SB/2019 | KKI 371.4 KHO k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain